Mual Pada Kehamilan


Tercatat sebanyak 70-80% wanita mengalami gangguan mual atau morning sickness (MS) pada awal masa kehamilannya. Gejala MS sering kali muncul pada minggu ke-4 hingga 6, kemudian memuncak pada minggu ke-9 hingga 13. Namun umumnya gejala tersebut akan mulai berkurang pada minggu ke-14 hingga 20.

Tidak ada upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya MS. Akan tetapi beberapa hal dapat dilakukan untuk mengurangi gejalanya.

Penyebab MS diduga oleh adanya peningkatan hormon yang terjadi di dalam tubuh namun penyebab pastinya hingga kini belum diketahui. Peningkatan hormon ini dijadikan sebagai pertanda bahwa plasenta berkembang dengan baik. Gangguan ini tidak membahayakan janin yang dikandung, namun bila gejalanya memburuk dapat mengarah pada terjadinya Hiperemesis Gravidarum.

Hiperemesis Gravidarum (HG) adalah kondisi yang ditandai dengan munculnya mual muntah hebat, penurunan berat badan, dan gangguan elektrolit. Pada kasus-kasus ringan dapat diatasi dengan perubahan pola makan, istirahat, dan mengkonsumsi antasida sebagai penetral asam lambung. Namun pada kasus berat, pasien harus mendapatkan perawatan di rumah sakit agar mendapatkan dukungan nutrisi dan elektrolit dengan pemberian cairan tertentu.

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala MS.

  1. Jangan terburu-buru beranjak dari tempat tidur saat bangun pagi. Bila Anda terbiasa bangun pada pukul 05.00, mulailah mengatur alarm pukul 04.00 dan makanlah crackers atau sereal-sereal kering selagi masih di tempat tidur, kemudian bangun perlahan dan mulai beraktivitas.
  2. Biasakan untuk makan dalam jumlah sedikit namun sering untuk menghindari rasa lapar atau kekenyangan. Awali dengan minum air setengah jam sebelum atau sesudah makan. Pastikan Anda meminum cairan dalam jumlah yang cukup untuk mencegah dehidrasi.
  3. Perbanyak istirahat.
  4. Hindari bau-bauan yang dapat memancing rasa mual Anda serta hindari tempat yang hangat atau panas karena dapat meningkatkan rasa mual.
  5. Hindari makan makanan pedas dan kasar.
  6. Tidur lebih awal agar dapat bersiap untuk bangun lebih cepat pada pagi harinya. Bila Anda terbangun pada tengah malam untuk ke kamar kecil, makanlah sesuatu sebelum Anda kembali tidur.
  7. Makan makanan yang kaya akan vitamin B6, seperti ikan tuna, daging sapi, daging ayam, ubi jalar, kentang, bayam, pisang, atau mengkonsumsi tablet vitamin B6 50mg per hari.
  8. Minum minuman lemon, jahe, makan semangka, atau permen mint.

Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter apabila mengalami gejala berikut ini.

  1. Mual muntah parah yang membuat Anda tidak dapat menahan makanan di lambung.
  2. Mual muntah disertai demam.
  3. Mual muntah terjadi hingga masa kehamilan di atas 12 minggu.

Dokter dapat meresepkan beberapa pilihan obat yang bisa membantu meredakan rasa mual. Pemilihan obat harus mempertimbangkan keamanan bagi janin yang dikandung sehingga pemilihan obat mual sebaiknya dilakukan oleh dokter atau apoteker. Apabila gejala memburuk hingga mengakibatkan dehidrasi, jaundice (penyakit kuning), atau penurunan berat badan lebih dari 5% dibandingkan berat badan sebelum hamil, Anda mungkin memerlukan perawatan di rumah sakit dan mendapatkan cairan nutrisi yang sesuai.

Pada dasarnya, kehamilan bukanlah penyakit. Buatlah diri Anda merasa rileks dan menikmati proses menantikan kehadiran sang buah hati. Beritahukan kepada pasangan Anda tentang kebutuhan Anda selama hamil dan gangguan-gangguan lain yang mungkin terjadi seperti depresi, perubahan mood yang drastis, migrain, nyeri di beberapa bagian tubuh, kaki dan gusi bengkak, kurangnya gairah berhubungan seksual, dan lain sebagainya. Komunikasi yang baik dengan pasangan akan mengurangi beban Anda secara fisik maupun mental.

Tetap sehat bersama kami,

Muvita Rina Wati, M.Sc., Apt.

Rumah Sehat dan Apotek UGM

 

Referensi:

Williams Obstetrics Twenty-Second Ed. Cunningham,

F. Gary, et al, Ch. 49. HER Foundation,

www.hyperemesis.org

Americanpregnancy.org


    




Business Unit

Gama Herbal Indonesia Bergerak dalam produksi obat tradisional dan herbal yang dipasarkan ke seluruh Indonesia.
HEPro GAMA Bergerak dalam produksi alat kesehatan (medical devices).

Contact

Rumah Sehat dan Apotek UGM
Jl. Prof. Dr. Sardjito No. 25 Terban, KecamatanGondokusuman, Kota Yogyakarta, 55223
Telp : +62 274 550783, +62 274 557441
Fax : +62 274 557441
Sms Service : +6287839033666
http://rumahsehatugm.com/